SAP (System Analysis and Product in Data Processing)

Apa Itu SAP

SAP (System Alnaysis and Product in Data Processing) adalah merupakan aplikasi yang dibuat oleh SAP AG Jerman. Sementara SAP sendiri terdiri dari beberapa komponen pendukung utama yakni, modul finance, logistic dan human resources. Dari tiga modul pendukung tersebut, masih dipecah lagi menjadi sub modul yang jumlahnya mencapai puluhan.

Pengguna SAP

Pengguna SAP, dengan pertimbangan biaya yang sangat besar tersebut, hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu melakukannya. Perusahaan yang telah berkembang pesat dengan pasar persaingan global bukan lagi lokal. Di Indonesia sendiri, pemasangan SAP tercatat pertama kali dilakukan oleh PT Krakatau Steel pada tahun 90 an, dilanjutkan oleh PT. ASTRA. Keduanya merupakan perusahaan besar yang telah bersaing dalam bisnis global.

Manfaat

Dalam penggunaan software SAP, pasti ada implementasi yang diharapkan, yaitu:
  1. Meningkatkan kecepatan dan ketepatan dari proses bisnis.
  2. Meningkatkan konsistensi dari proses bisnis seperti standar operasional perusahaan yang harus selalu dijalankan sekaligus sebagai fungsi monitoring dan mengurangi human error.
  3. Meningkatkan kualitas dari proses, peningkatan kemampuan mengambil keputusan secara tepat dan cepat serta fungsi analisa yang membaik.
Kenapa harus belajar SAP?

Semakin kompleks sistem operasional bisnis sebuah perusahaan, semakin besar keperluan perusahaan itu untuk sebuah software ERP (Enterprise Resource Planning). SAP merupakan nama terdepan untuk software ERP dan sudah banyak perusahaan yang pakai atau beralih untuk pakai SAP. Karena semakin banyak perusahaan pakai SAP, maka meningkatnya kebutuhan untuk seorang specialis yang mengerti sistem SAP atau yang disebut SAP konsultan. Seorang ahli SAP bahkan lebih menyukai jika ia merupakan seorang freelance atau pekerja lepas, karena tarif yang dibayar untuk seorang konsultan SAP freelance lebih besar dibandingkan karyawan internal perusahaan. Maka dari itu, menjadi seorang konsultan SAP merupakan peluang yang sangat bagus apalagi dengan keperluan perusahaan untuk seorang ahli SAP yang semakin meningkat.